Auto Pilot Store

6 Software Aplikasi Manajemen Apotek Terlengkap dan Terbaik

Auto Pilot Store, Bisnis apotek memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah sulitnya mengelola stok obat dan barang dagangan yang beragam. Selain itu, proses pengelolaan resep dan integrasi dengan BPJS juga dapat menjadi pain point yang sulit diatasi. Bagi pemilik bisnis apotek, mengelola apotek tanpa sistem yang terintegrasi dapat menjadi hal yang sangat sulit dan memakan waktu.

Namun, dengan kemajuan teknologi, hadir solusi yang dapat membantu pemilik bisnis apotek dalam mengatasi tantangan ini, yaitu Software  Aplikasi Manajemen Apotek. Melalui sistem apotek terbaik, proses pengelolaan apotek dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan keuntungan bisnis apotek Anda.

Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai 5 software  / Aplikasi manajemen apotek terbaik yang dapat Anda gunakan.

6 Rekomendasi Software / Aplikasi Manajemen Apotek Terbaik di Indonesia

Berikut software manajemen apotek terbaik di Indonesia yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan bisnis apotek Anda.

1. Auto Pilot Store (APS)

Auto Pilot Store adalah salah satu penyedia software aplikasi yang cocok untuk semua bisnis. Karena sangat beragam untuk semua bidang usaha. Salah satunya adalah software aplikasi manajemen apotek. Yang khusus di develop dan design untuk mempermudah mengelola apotek hanya dalam genggaman. Dapat di akses menggunakan handphone ataupun tablet.  

Kelebihan dari APS adalah dapat membantu apotek dalam mengelola persediaan obat secara akurat dan efisien. Software ini dilengkapi dengan fitur manajemen persediaan yang memungkinkan apotek untuk memantau stok obat, manajemen resep dokter, melakukan pembelian dengan lebih mudah, serta mendapatkan informasi tentang obat-obatan yang akan segera habis stoknya.

Selain itu, APS juga dilengkapi dengan fitur manajemen penjualan yang dapat membantu apotek dalam mengelola transaksi penjualan. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan dapat diakses secara online, sehingga apotek dapat mengakses informasi dan data dari mana saja dan kapan saja.

Biaya dari software aplikasi manajemen apotek APS adalah perbulan, dengan harga yang sangat terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan software manajemen apotek, dapat hubungi admin di bawah ini.

2. Apoteker.net

Apoteker.net adalah sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk membantu mengelola operasional dan administrasi dalam sebuah apotek. Apoteker.net merupakan salah satu penyedia software terkemuka yang telah banyak digunakan oleh apotek-apotek di Indonesia.

Beberapa kelebihan dari Apoteker.net antara lain:

  • Kemudahan penggunaan
  • Komprehensif
  • Integrasi mudah
  • Keamanan data
  • Dukungan pelanggan yang baik

Adapun beberapa fitur dari Apoteker.net antara lain:

  • Manajemen stok obat
  • Manajemen resep
  • Manajemen penjualan
  • Manajemen pembelian
  • Laporan keuangan

Tentang harga, informasi detail mengenai biaya penggunaan aplikasi ini dapat ditemukan pada situs resmi atau menghubungi tim penjualan Apoteker.net untuk mendapatkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan apotek.

3. MyKlinik

Aplikasi apotek terbaik selanjutnya adalah MyKlinik. Software ini dapat membantu Anda untuk implementasi Rekam Medis Elektronik di Fasyankes Anda. Software apotek MyKlinik memiliki beragam fitur lengkap seperti:

  • Pendaftaran
  • Farmasi
  • Laboratorium
  • Kasir dan keuangan
  • Rawat jalan
  • Rawat inap
  • Rekam medis elektronik

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menggunakan MyKlinik, yaitu user friendlyakses berbasis website, fitur dan laporan lengkap, dan data yang tersimpan di cloud sehingga dijamin aman.

Untuk harga software ini terbilang mudah terjangkau, yaitu Rp250.000/bulan/klinik dengan 25 users.

4. Assist.id

Assist.id hadir sebagai bagian dari beragam sistem apotek terbaik dalam manajemen informasi berbasis cloud profesional untuk fasilitas kesehatan di Indonesia. Hal ini terbukti dari ada lebih 130 fasilitas kesehatan telah menggunakannya.

Cukup satu aplikasi, Anda sudah dapat menggunakannya di berbagai perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone. Selain itu, Assist.id menyediakan fitur lengkap untuk melayani pasien dan operasional dengan baik, seperti booking konsultasi, rekam medis, data stok obat, kasir, laporan hingga manajemen staf.

Software apotek ini dapat digunakan di berbagai jenis fasilitas kesehatan mencakup:

  • Klinik Utama dan Pratama BPJS
  • Klinik kecantikan
  • Klinik Hemodialisis
  • Praktek mandiri dokter atau bidan
  • Rumah sakit
  • Apotek
  • Farmasi

Assist.id memiliki beragam paket dengan harga yang bervariasi. Anda hanya perlu mengunjungi situs resminya untuk info lebih lanjut.

5. Inofarma 2.0

Inofarma 2.0 adalah salah satu sistem apotek terbaik yang tersedia untuk kasir dan aplikasi pendukung Inofarma POS. Software ini dirancang khusus untuk membantu apotek dengan menawarkan beberapa fitur yang ada dalam modul:

  • Kasir: Mengecek harga produk dan melakukan transaksi penjualan
  • Pembelian: Membantu melakukan perencanaan stok, pemilihan pemasok (Supplier), dan memberikan data
  • Gudang: Melakukan stock opname tanpa menutup toko, dan memonitor stok  di seluruh gudang/cabang
  • Laporan dan akuntansi: Mengakses lebih dari 30 laporan

Kelebihan dari Inofarma 2.0 adalah menggunakan sistem berbasis website sehingga tidak memakan banyak memori. Software apotek ini dapat digunakan pada Windows 7, 8, dan 10. Inoforma 2.0 menyediakan 4 pilihan software yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

  • Business: Rp149.000/bulan
  • Enterprise: RP349.000/bulan
  • Lifetime Business: Rp10.000.000
  • Lifetime Enterprise: Rp15.000.000

Kabar baiknya untuk Anda yang membeli paket lifetime akan mendapatkan bonus bebas pilih seperti alat cetak struk atau mapping pencarian produk. 

6. Farmacare.id

Farmacare.id adalah software apotek terbaik selanjutnya yang dapat jadi pilihan. Software ini menyediakan fitur serba otomatis yang membantu mengelola apotek atau fasilitas kesehatan lainnya. Fitur-fiturnya meliputi:

  • Real-time update
  • Stock opname
  • Defecta otomatis
  • Rekap barang terjual
  • Kartu stok otomatis
  • Pareto barang
  • Notifikasi perubahan harga barang
  • Margin barang jual
  • Barang yang akan kadaluarsa
  • Informasi barang yang tidak terjual selama 90 hari, dll.

Tampilan Farmacare.id sangat mudah digunakan jadi Anda tidak perlu repot melatih karyawan. Anda juga dapat mengecek stok tanpa harus standby di tempat. Software ini sangat efektif dan efisien. Terdapat harga paket berlangganan yang tersedia sesuai kebutuhan apotek Anda di antaranya:

  • Free trial (Gratis dalam 7 hari)
  • Paket tahunan: Rp199.000/bulan
  • Paket triwulan: Rp249.000/bulan
  • Biaya fitur tambahan: Rp50.000/bulan

Jika mengalami kendala atau kebingungan dapat menghubungi tim Farmacare.id.

Kesimpulan

Penggunaan software aplikasi manajemen apotek terbaik dapat memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan bisnis apotek. Dengan penggunaan software ini, pengelolaan stok obat dapat dilakukan secara lebih efisien dan efektif, serta penjualan obat dapat dipantau dengan lebih mudah.

Pemilihan aplikasi manajemen apotek terbaik sangat penting untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis apotek Anda. Melalui penggunaan software terbaik, pemilik apotek atau apoteker dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis mereka, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas bisnis.