A. KASIR FREE
Apa itu program CSR APS?
CSR (Corporate Social Responsibility) APS adalah tanggung jawab sosial perusahaan yang dikemas dalam program memberikan aplikasi kasir gratis. Program ini bertujuan untuk membantu “Pengusaha UMKM Naik Kelas” dengan mulai mendigitalisasi administrasi usahanya. APS memberikan aplikasi kasir gratis (tanpa batasan waktu) untuk dipergunakan. Harapan APS agar semakin banyak pengusaha yang terbiasa bekerja rapi, tersistemasi, dan “naik kelas”.
Bagaimana cara mendapatkan aplikasi kasir gratis APS?
Anda dengan sangat mudah dapat memperoleh aplikasi kasir gratis APS. Silahkan klik MULAI GRATIS dan ikuti tahapan panduan selanjutnya di sana.
Usaha saya masih kecil, semua serba dilakukan sendiri dan rasanya belum perlu menggunakan sistem?
Bagi kami sangat baik jika usaha yang masih kecil sudah mulai dikelola dengan sistem yang baik. Usaha kecil yang terkelola dengan baik, berpotensi menjadi usaha yang besar. Silakan menggunakan program gratis dari APS untuk memulainya.
Apakah ada jaminan jika menggunakan APS, maka usaha akan terkelola dengan benar?
Selama ada partisipasi aktif dari Anda sebagai pemilik usaha dan pekerja yang menggunakan sistem APS, kami yakin bahwa APS adalah alat bantu yang efektif untuk mengelola usaha Anda
Bagaimana jaminan keamanan data di APS?
APS sangat menghargai keamanan data Anda. Masing-masing klien memiliki password yang dapat Anda atur sendiri. Website APS sendiri sudah memiliki sertifikat keamanan yang dikeluarkan oleh Sectigo RSA Organization Validation Secure Server CA.
Untuk kenyamanan & keamanan data Anda sendiri, kami menyarankan agar setiap klien secara rutin melakukan back up data secara mandiri. Langkah-langkah back up data sudah kami sertakan di Help Center APS.
Bagaimana cara APS melayani klien nya?
APS terbiasa melayani klien dengan cara remote. Jarak bukanlah menjadi masalah bagi tim APS memberikan pelayanan yang maksimal bagi setiap klien.
Waktu kerja operasional APS adalah Hari Senin-Jumat, pada pukul 08.00-17.00 WIB.
Untuk pertanyaan atau kendala yang bersifat teknis, kami menyarankan setiap klien untuk terbiasa menggunakan Help Center APS. Tim APS selalu melakukan update informasi yang ada di Help Center APS.
Bila kendala belum dapat teratasi, klien APS dapat menghubungi kami melalui:
> Support ticket di https://help.autopilotstore.co.id/ticket-support/
> Web chat di web official APS
Aplikasi APS dapat diakses menggunakan hardware apa saja?
APS dapat diakses melalui Smartphone / tablet Android dan PC / Laptop berbasis Windows. Silahkan pilih hardware yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.
Apa APS melayani pembuatan sistem usaha custom?
APS di bawah naungan PT Rapupa Guna Teknologi dapat membantu Anda membangun sistem usaha secara custom. Silahkan hubungi kami untuk berkomunikasi lebih mendalam tentang kebutuhan sistem yang Anda perlukan.
B. LAPORAN PENJUALAN
Apakah laporan penjualan APS realtime?
Ya, setiap transaksi penjualan yang terjadi akan langsung muncul di laporan penjualan dan stok produk akan berkurang (selama ada jaringan internet)
Bagaimana transaksi kasir bila tidak ada koneksi internet/offline?
Transaksi di kasir akan tetap dapat tersimpan di penyimpanan lokal. Setelah koneksi internet stabil, secara otomatis data dari penyimpanan lokal akan dikirimkan ke server atau Anda dapat melakukan sinkronisasi data.
Apakah Laporan Penjualan ini termasuk program CSR APS?
Betul, Laporan Penjualan kami berikan secara gratis dengan semangat mendukung UMKM di Indonesia bisa “Naik Kelas”.
C. MANAJEMEN PRODUK BASIC
Berapa banyak SKU yang dapat dikelola di manajemen produk basic?
Anda dapat memasukkan jumlah produk yang tidak terbatas di sistem APS. APS mampu mengelola hingga ratusan ribu SKU dengan jumlah varian dan sub varian yang beragam.
Jika produk saya banyak, apakah ada cara yang mudah untuk memasukkannya ke dalam sistem?
APS menyediakan fitur Upload Produk Massal, sehingga memasukkan ribuan bahkan ratusan ribu produk menjadi lebih mudah. Anda dapat menggunakan template csv dari kami untuk mencatat produk Anda terlebih dahulu.
Apakah Manajemen Produk Basic ini termasuk program CSR APS?
Betul, Manajemen Produk Basic kami berikan secara gratis dengan semangat mendukung UMKM di Indonesia bisa “Naik Kelas”.
D. MANAJEMEN PRODUK ADVANCE
Bagaimana jika produk saya belum memiliki sistem barcode?
Sistem APS akan membuatkan kode barcode secara otomatis untuk setiap produk Anda. Jadi Anda tidak perlu repot menentukan nomor barcode Anda sendiri.
Bagaimana jika produk saya sudah memiliki kode barcode bawaan dari supplier?
Untuk produk yang memiliki barcode bawaan dari supplier dapat Anda gunakan dengan meng-input kode tersebut ke dalam sistem APS.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
E. DASHBOARD
Siapa saja yang dapat melihat Dashboard usaha saya?
Semua orang yang Anda berikan akses, dapat melihat dashboard usaha Anda. Jika Anda ingin membatasi akses ke dashboard usaha Anda, silakan gunakan add on manajemen pengguna, sehingga pengaturan akses dalam kontrol Anda sepenuhnya.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
F. MANAJEMEN PENGGUNA
Kapan usaha saya harus diperlengkapi manajemen pengguna?
> Ketika usaha Anda tidak dapt lagi dikelola hanya oleh 1 pengguna.
> Ketika Anda sebagai pemilik usaha ingin membatasi wewenang & akses pekerja, ke fasilitas atau fitur tertentu
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
G. MANAJEMEN PESANAN
Usaha apa saja yang cocok menggunakan manajemen pesanan?
- Usaha yang menggunakan metode penjualan pre-order, seperti produk fashion dan retail serta toko roti & kue. Pesanan pelanggan akan tercatat detil di aplikasi.
- Usaha jasa, seperti salon, salon mobil, dan gym.
Manajemen pesanan mengakomodir kebutuhan usaha yang menjual paket perawatan yang pemakaian nya dilakukan secara bertahap. Contoh : member keanggotaan gym dan beragam paket perawatan di salon mobil. - Usaha F&B
Manajemen Pesanan dapat digunakan oleh waiter untuk mencatat pesanan pelanggan langsung melalui smartphone atau tablet. Usaha F&B Anda, tampil makin profesional.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
H. KAS & BANK
Apa saja Jenis pemasukan dan pengeluaran yang dapat dicatat?
Anda dapat menambahkan dan menyimpan beragam jenis pemasukan dan pengeluaran sesuai kebutuhan usaha Anda masing-masing. Tersedia pula Laporan Pemasukan dan Pengeluaran untuk memudahkan Anda melakukan evaluasi.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
I. WEBSITE TOKO ONLINE
Apa bisa menggunakan domain sendiri?
Toko online APS dapat menggunakan nama domain pilihan Anda sendiri. Caranya, Anda cukup membeli domain nya sendiri lalu team APS akan membantu mengintegrasikan domain tersebut dengan biaya tambahan Rp 300ribu (1 kali saja)
Apa saja tipe pembayaran yang dipergunakan di website toko online APS?
Untuk sementara, hanya metode transfer bank yang dapat dipergunakan.
Apa beda website toko online APS dengan market place?
- Website adalah milik Anda sendiri.
- Tidak perlu melakukan penyesuaian stok yang berulang. Stok barang di website toko online selalu terkoordinasi dengan Stok barang di toko fisik.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
J. MANAJEMEN RESEP & PAKET
Apakah APS bisa digunakan untuk mengelola produk paket/bundling?
Ya, bisa. Anda dapat menggunakan tambahan manajemen resep & paket untuk membuat produk paket/bundling.
Berapa banyak jumlah resep/paket yang dapat dibuat?
Tidak ada batasan. Anda dapat membuat resep/paket sebanyak yang diperlukan.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
K. MANAJEMEN PRODUKSI
Kapan usaha saya harus diperlengkapi manajemen produksi?
- Ketika produk yang Anda jual harus melalui proses produksi dari satu atau beberapa bahan penyusun
- Ketika produk yang Anda jual merupakan repackage (kemas ulang) dari produk lain
- Ketika produk penyusun dan produk yang Anda jual perlu diketahui jumlah stok nya secara pasti
Usaha apa yang cocok menggunakan Manajemen Produksi?
- Toko roti & kue, karena produk yang dijualnya melalui proses produksi
- Toko retail & petshop, karena sering menjual produk repackage (contoh: pet food 1 karung, Pet food plastik, pet food 1 sachet)
- Beragam Home industry yang melibatkan proses produksi, seperti produksi tas, Vape Brewing, Homemade parfume, dll
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.
L. MANAJEMEN KONSINYASI
Manajemen Konsinyasi ini mengatur usaha yang menitipkan banyak barang ke toko lain atau usaha yang menerima titipan produk dari banyak vendor?
Manajemen Konsinyasi APS membantu pengelolaan usaha yang menerima titipan produk dari banyak vendor. Dengan menggunakan manajemen konsinyasi APS, pembagian persentase penjualan sudah terhitung secara otomatis dan laporan penjualan untuk setiap vendor pun sudah dibuatkan otomatis oleh sistem secara realtime.
Bagaimana dengan usaha yang menitipkan banyak barang ke toko-toko lain? Apakah ada pengelolaannya?
Solusi dari APS untuk tipe usaha seperti ini adalah dengan membuka Outlet sejumlah toko-toko dimana Anda menitipkan barang Anda. Dengan cara ini, stok produk di setiap toko dan penjualan di setiap toko akan terkelola dengan lebih rapi.
Apa maksud dari “Fleksibel, Seperlunya, Semaunya”?
Berkaca dari pengalaman kami melayani ribuan usaha, masing-masing usaha memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan sistem usaha simpel dan ada pula yang menginginkan sistem usaha komplit. Untuk itu, agar lebih ekonomis, kami memberikan kebebasan klien untuk memilih fasilitas mana saja yang diperlukan. Jadi hanya bayar seperlunya saja.